Kamis, 07 April 2011

Bye-Bye bosan by Sarah Sechan..

Baru nemu srtikel dari Fimela (http://www.fimela.com/fimelista/4/2011/04/05/bye-bye-bosan)
Artikel ditulis oleh Sarah Sechan,, aktris, MC, pokokna Smart Woman, keliatan dari luar kalo do'i smart. Isi artikel ini pas banget dengan apa yang kurasain sekarang, dan mungkin banyak orang yang ngrasain, cekidott..

Bye-Bye Bosan
Secinta-cintanya kita pada pekerjaan, pasti sering juga merasa jenuh. Bangun pagi rasanya malas berangkat kerja. Entah karena bos yang galak dan menyebalkan, rutinitas yang itu-itu saja, atau suasana di tempat kerja yang memang super 'basi'.
Gambar di atas dibedain ama gambar di artikel asli,
karena ini lah workspace yang saya pengenin :D

Maunya sih resign dan cari pekerjaan baru, suasana yangfresh. Tapi apakah itu garansi bahwa kejenuhan tidak akan ada di tempat kerja baru? Namanya juga hidup, wajar dong kalau kadang merasa jenuh. Tidak berarti setiap kali jenuh kita langsung kabur kan? Repot amat kalau harus selalu pindah cari kerja baru.
Ada beberapa hal yang mungkin bisa diterapkan di tempat kerja, supaya bisa lebih mudah dalam mengatasi rasa jenuh. Simplesaja, misalnya:
1. Beautify Workspace.
Dari masih remaja dulu, saya paling hobi mengubah suasana kamar setiap beberapa bulan. Posisi perabotan isi kamar saya tukar/geser, poster saya ganti, pokoknya bikin suasana baru. Kebiasaan ini terbawa sewaktu saya kerja untuk majalah remaja. Setiap 3 atau 4 bulan sekali saya'refresh' suasana meja kerja. Entah mengubah susunan barang-barang yang ada atau menambah/mengganti pernak-perniknya. Percaya atau tidak, ini bisa membuat mood jadi lebih baik lho! Surround yourself with nice things that will cheer up your mood. Bawa setangkai atau seikat bunga (tidak perlu bouquet besar) untuk ditaruh di dalam vas kecil di atas meja. Hias meja dengan warna dan kehidupan bisa bikin pikiran capek jadi lebih segar. Lilin aromatherapy juga bisa membuat mood kita jadi lebih enak di saat kepenatan muncul. Silahkan coba aroma green tea, lavender, rose, vanilla, atau wangi citrus yang bisa bikin 'melek'.
2. Find your 'mojo'.
Cari 'jimat' yang bisa menghilangkan stress. Tidak perlu ke dukun untuk yang satu ini. 'Jimat' yang saya maksud bisa foto orang-orang tersayang, surat cinta dari pacar, kado favorit dari seseorang atau apa saja yang bisa mengingatkan akan cinta yang kita miliki dalam hidup. Love gives us strength and makes the world go round. Contoh: setiap hari saya selalu pakai cincin antik pemberian ibu saya, kalung dengan bandul foto atau nama anak saya dan gelang dengan tulisan 'faith' atau 'hope' yang punya arti khusus bagi saya. Setiap merasa kesal, putus asa, atau 'bete' karena masalah kerjaan (atau apapun) saya lihat atau pegang perhiasan yang menempel di saya. Sejenak saya bisa merasa seolah orang-orang itu ada di dekat saya dan memberi kekuatan. Mengelilingi diri dengan tulisan atau quotes positif juga akan membuat diri kita lebih mudah menghadapi masalah. Mungkin pernah baca poster dengan tulisan "Keep Calm And Carry On"? Nah, kata-kata itu dipasang di mana-mana di Inggris oleh pemerintahannya saat Perang Dunia II untuk membuat masyarakat Inggris lebih tegar dalam menghadapi masa-masa sulit. Positive words will give you positive thoughts.
3. Keep your sense of humour.
If you don't have one, get one. How? Easy! Cek di You Tube, banyak video konyol yang bisa diintip. Simpan foto-foto ajaib di HP atau laptop, istirahat sejenak untuk cekikikan sama teman kerja. Laughing is healthy! Ini bisa juga untuk mengatasi rasa bosan saat semua pekerjaan sudah selesai tapi belum bisa keluar kantor karena jam kerja masih sisa beberapa menit lagi. Daripada bengong, mending ketawa! But please, no more Sinta & Jojo's Keong Racun!
4. Own a treasure box.
Ini favorit saya! Treasure box bukan isi harta karun bling-bling, melainkan kotak isi makanan dan minuman kesukaan; coklat, permen, biskuit, kopi, teh, or whatever you like! Kesal karena habis diomelin bos? Makan coklat! Treasure box ini juga berguna untuk PDKT sama gebetan di tempat kerja. Nah, ini penting banget, punya 'kecengan' di kantor akan bikin kita lebih betah dan semangat. Isi treasure box pun bisa jadi alasan untuk ngobrol sama dia: "Hi, kamu kelihatan ngantuk deh. Mau ngopi? Sudah pernah coba coffee mix yang ini?" Sweets shared with your sweetie will make your working day a lot more sweeter!
5. Be creative!
Di poin ini silahkan berkreasi sendiri. Saya sudah kasih beberapa contoh di atas yang bisa membuat hari kerja sedikit lebih menyenangkan. If you can't think of anything dan poin di atas tetap tidak bisa mengatasi rasa jenuh pada pekerjaan, berarti ini waktunya untuk benar-benar memikir: is this really the job for you? Apapun jawabannya, act on it. Hidup terlalu pendek untuk diam bengong dalam kebingungan. Live! Good luck :)
Jangan buang sampah sembarangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar